Metamorfosis Honda PCX dari dulu hingga sekarang

Sejarah Motor Honda PCX 

Perubahan Sepeda Motor Honda PCX di pasar global dan Indonesia dari tahun 2009 hingga 2018 saat ini 

Sejarah Motor Honda PCX dari dulu hingga sekarang

promomotorhonda.net - All New Honda PCX 150 yang baru diperkenalkan awal tahun 2018 mengundang decak kagum para pecinta motor skutik premium di Indonesia, selain karena produksi dalam negeri yang membuat harga jual nya relatif lebih terjangkau, Honda New PCX 150 juga memiliki segudang fitur dan teknologi canggih salah satunya adalah Honda Smart Key System yang telah dibahas pada artikel sebelumnya. Dari apa yang sudah terlihat hingga saat ini, Honda PCX mengalami metamorfosis selama perjalanan lahirnya 9 tahun yang lalu yaitu pada tahun 2009, dimulai dari berkapasitas mesin 125 cc hingga kini New PCX150 pada versi Global Market yang memilki teknologi Hybrid dan Electric Vehicle. Dan inilah sejarah metamorfosis Honda PCX dari tahun 2009 hingga 2018 saat ini pada type Global market hingga produk yang dipasarkan khusus di Indonesia.

1. Tahun 2009

Honda PCX125 tahun 2009 CBU
Honda PCX125 tahun 2009 (CBU Thailand)
Honda PCX mengawali debutnya pada tahun 2009 dan diproduksi di negara Thailand untuk model global yang dipasarkan di dalam negeri (Thailand) serta berbagai negara maju dan berkembang seperti Amerika Serikat, Benua Eropa, Jepang, dan kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia saat itu. Kala itu Honda PCX bernama PCX125 yang memilki kapasitas mesin 125 cc. Di Indonesia sendiri pada saat itu model skuter matik Honda rata rata berkapasitas mesin 110 cc dan ketika Honda PCX125 diperkenalkan untuk menambah varian dan pilihan pada skuter matik yang ada pada saat itu karena menawarkan dimensi dan kapasitas mesin yang lebih besar.

2. Tahun 2010

Pada periode ini Thailand mulai melakukan distribusi pemasaran global dengan melakukan eksport Honda PCX125 ini ke berbagai negara salah satunya adalah ke Indonesia. Tujuan Honda PCX125 di eksport ke Indonesia adalah Honda berkeinginan untuk menciptakan pasar baru di Asia tenggara untuk skuter dengan value yang tinggi dan memasarkan ke Pasar Jepang, Eropa, dan Amerika Serikat sebagai Small Commuter Bike dengan harga yang terjangkau. Namun di Indonesia sendiri hal itu berbeda terbalik, di Pasar Indonesia Harga yang ditawarkan pada saat itu terbilang cukup fantastis untuk sekelas tipe motor matic, hal ini dimaklumi karena memang status nya CBU (Completely Buid Up) yang diimport utuh langsung dari negara Thailand dengan nilai Bea Masuknya sendiri yang lumayan mahal mengakibatkan harga jual menjadi cukup menguras kantong saat itu.

Lalu bagaimana Respon dan minat masyarakat saat itu terhadap PCX125 ? mungkin kendalanya di harga yang “kemahalan” sebesar 32 jutaan atau setara 2,5 x lipat dari harga motor matic Indonesia umumnya dikala itu yang berkisar di harga 14 jutaan. Lalu faktor ketersediaan barang yang mengharuskan kita menunggu untuk indent kurang lebih 2-3 bulan yang menyebabkan masyarakat tidak terlalu antusias untuk membeli Honda PCX125 ini.

3. Tahun 2011

Geliat pasar global dan Indonesia terhadap Honda PCX125 dirasa masih kurang memuaskan sehingga Honda Motor perlu melakukan improvisasi serta inovasi terbaru agar lebih memikat konsumen. Alhasil pada 2011 Honda PCX melakukan terobosan dengan dibekalinya sebuah fitur teknologi terbaru yaitu Idling Stop System (ISS) yang memungkinkan mesin mati secara otomatis saat motor berhenti sementara, teknologi ini diklaim mampu menghemat konsumsi bahan bakar hingga 7 persen. Di Indonesia sendiri selain menghadirkan teknologi ISS, improvisasi dilakukan dengan melakukan penyegaran warna dengan menghadirkan 4 warna yang terkesan lebih mewah dan elegan seperti warna hitam, gold, silver, dan putih.

4. Tahun 2012 - 2013

Honda PCX150 tahun 2013 CBU
Honda PCX150 tahun 2013 (CBU Thailand)
Pada Pasar Global Honda PCX berubah wujud menjadi PCX150 yang menggunakan mesin 150 CC Esp generasi terbaru yang memilki kelebihan yaitu minim gesekan serta dilengkapi dengan ACG starter yang membuat suara mesin lebih halus pada saat distarter. Efisiensi transmisi dan pembakaran mesin yang lebih efisien sehingga membuat skuter matik premium ini disebut sebagai sepeda motor yang irit, bertenaga, namun tetap ramah lingkungan. Pada pasar Indonesia dengan hadirnya PCX150 membuat pasar lebih bergairah karena pada saat itu satu satunya type sepeda motor matic yang memilki kapasitas mesin 150 cc baru ada pada Honda PCX150, di sisi lain kehadiran Vario 125 techno lah yang ditugaskan untuk mengisi slot type motor 125cc untuk meraih pangsa pasar saat itu karena menggunakan mesin terapan dari Honda PCX125 yang telah ada.

5. Tahun 2014

Honda PCX q50 tahun 2014 CBU
Honda PCX150 tahun 2014 LED Light  (CBU Vietnam)
Honda PCX150 berubah dari segi design tampilan dan fitur tambahan, salah satunya adalah tersedianya DC socket charger yang berfungsi untuk mengecas handphone, lalu fitur Answer back System dengan Anti Theft Alarm yang diklaim sebagai pelopor pertama di Indonesia penerapan fitur tersebut pada sepeda motor sebelum hadirnya fitur tersebut di kebanyakan sepeda motor matic Honda saat ini. Dan yang paling utama adalah bagian lampu depan dan belakang yang sudah memakai teknologi LED Lighting System yang dipercaya mampu memberikan pencahayaan yang lebih optimal saat berkendara dan irit daya konsumsi baterai aki.

6. Tahun 2015-2016

Penjualan Honda PCX150 khusus nya di Indonesia yang mulai menampilkan tren positif menuntut produsen PCX150 untuk terus melakukan refreshment, salah satu yang biasa dilakukan adalah memberikan penyegaran dalam varian warna yang dimiliki. Selain itu PT.Astra Honda Motor selaku Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM) di Indonesia mulai merubah sumber eksport PCX150, periode ini Honda PCX150 merupakan rakitan CBU dari negara Vietnam yang sudah mulai memproduksi sendiri Honda PCX150 untuk pasar domestik mereka dan pasar Asia tenggara salah satunya ke negara Indonesia.

7. Tahun 2017

Pada pasar Global, Honda Motor mulai memperkenalkan Honda All New PCX150 sebagai kebutuhan sepeda motor di masa depan dengan memperkenalkan Honda PCX150 versi Hybrid dan EV (Electric Vehicle) atau yang biasa disebut motor listrik. PCX menjadi motor Hybrid pertama di dunia dan menjadi pelopor sepeda motor yang berteknologi masa depan dengan menghadirkan type EV yang dipercaya kelak teknologi sepeda motor listrik akan umum digunakan dalam kebutuhan moda transportasi dunia.

8. Tahun 2018

Honda PCX150 tahun 2018
Honda PCX150 tahun 2018 (Lokal)
Setelah diperkenalkan pada ajang Tokyo Motor Show Jepang pada 2017, pada tahun 2018 ini Indonesia secara resmi memproduksi sendiri sepeda motor karya anak bangsa yaitu All New Honda PCX150. PT. Astra Honda Motor mulai mengenalkan New Honda PCX150 lokal ini pada akhir tahun 2017 dan bersiap untuk melakukan mass produksi dan distribusi di awal kuartal 2018. Tentunya hal ini disambut baik oleh segenap masyarakat Indonesia karena kini Indonesia memproduksi sendiri sepeda motor yang bertaraf kelas dunia, memilki segudang fitur dan teknologi canggih yang di balut dengan tampilan design mewah dan elegan. Dan yang pasti memiliki harga yang relatif lebih terjangkau di bandingkan dengan jenis Honda PCX 150 Build Up.

Honda All New PCX150 buatan Indonesia ini belum akan mengikuti versi global yang sudah berteknologi Hybrid maupun Electric Vehicle, Hal ini dikarenakan Indonesia dirasa belum siap dalam hal infrastruktur penunjang dari jenis motor tersebut, dan konsumen di Indonesia pun dirasa belum terlalu familiar dengan teknologi Hybrid maupun Electricla Vehicle sehingga penerapannya dirasa belum perlu untuk saat sekarang ini.

Sebagai gantinya, All New Honda PCX150 versi Indonesia ini memilki 2 varian type pilihan untuk masyarakat, yaitu Type Combi Brake System (CBS) dan Type Antilock Brake System (ABS). Harga yang ditawarkan pun relatif terjangkau untuk motor sekelas Honda PCX150 yang memiliki banyak benefit serta kegunaannya. Pada Februari 2018 lalu Honda All New PCX150 resmi di launching dengan harga 27 jutaan untuk type CBS, dan harga 32 jutaan untuk type ABS.

Tertarik memiliki Honda All New PCX150 ?

Bagi pembaca sekalian yang berdomisili di kota Bandung, anda dapat melakukan pemesanan untuk pembelian Honda All New PCX150 ke :


 Kredit Motor Honda Bandung
Honda Mitrajaya - Dealer Resmi Sepeda Motor Honda di kota Bandung
Alamat Jln.PHH Mustofa No.27 Bandung
Melayani pembelian Cash Kredit sepeda motor Honda untuk wilayah kota Bandung dan sekitarnya
Informasi Pemesanan Hubungi Marketing kami :
Kang Indra : 0813-2006-8488 (WA) 
Sumber Artikel : www.hondapcxindonesia.com/pcx-history.html