3 Jenis Dealer Sepeda Motor Honda yang ada di Indonesia

Honda Mitrajaya - Dealer Resmi Sepeda Motor Honda di kota Bandung
Alamat Jln.PHH Mustofa No.27 Bandung
Melayani pembelian Cash Kredit sepeda motor Honda untuk wilayah kota Bandung dan sekitarnya
Informasi Pemesanan Hubungi Marketing kami :
Kang Indra : 0813-2006-8488 (WA) 
promomotorhonda.net - Sejak tahun tahun 2016 lalu Astra Honda Motor (AHM) selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Honda di Indonesia memiliki tiga macam dealer, yaitu Honda Regular Dealer, Honda Wing Dealer, dan Honda Big Wing Dealer. Masing-masing dealer dibuat dengan memiliki ciri, tujua, dan pelayanan yang berbeda. Honda Regular Dealer tentu saja memiliki standar pelayanan yang berbeda dengan Honda Wing Dealer. Begitu juga dengan Honda Wing Dealer, pelayananannya berbeda dengan Honda Big Wing Dealer. Seperti apa perbedannya? Yuk simak penjelasannya berikut

1.Honda Regular Dealer

3 jenis dealer sepeda motor honda

Honda Regular Dealer merupakan dealer paling basic dengan jumlah jaringan paling banyak tersebar di seluruh Indonesia. Umumnya Honda Regular Dealer hanya menjual motor-motor skutik, moped, dan sport entry level dengan harga murah. Motor-motor seperti BeAT series, Vario series, Revo series, Supra series, Verza, MegaPro, CB150R, dan CBR150R dijual di Honda Regular Dealer. Tentu saja pelayanan di Honda Regular Dealer juga basic, tidak ada yang cukup istimewa akan tetapi sesuai prosedur standar penjualan dari Honda.

2.Honda Wing Dealer

Pada dasarnya Honda Wing Dealer itu merupakan dealer yang mendapatkan lisensi menjual motor-motor premium dari Honda dengan harga yang agak mahal. Untuk saat ini motor-motor yang dijual oleh Honda Wing Dealer masih cukup terbatas, antara lain PCX150, CBR250RR, dan CRF250RALLY. Tapi bukan berarti dealar yang mendapatkan label Honda Wing Dealer cuma menjual tiga varian motor itu saja. Nggaaaak… Bisa dibilang ini adalah toko di dalam toko. Dalam satu toko ada dua divisi, yaitu divisi regular dan divisi premium. Artinya, varian produk yang dijual oleh Honda Wing Dealer lebih lengkap dibandingkan dengan Honda Regular Dealer karena menjual motor regular dan premium sekaligus.

Honda Wing Dealer
Nah, karena dalam satu toko ada dua divisi (regular dan premium), maka pelayanan yang diberikan kepada konsumen regular dan konsumen premium juga dibedakan. Konsumen yang membeli motor entry level (regular) mendapatkan pelayanan yang biasa saja, sedangkan konsumen yang membeli motor premium mendapatkan perlakukan khusus. Misalnya saja di dalam Honda Wing Dealer terdapat Wing Corner yang digunakan sebagai tempat untuk melayani pembeli motor premium (PCX150, CBR250RR, CRF250RALLY), tersedia beberapa macam minuman dan snack; dilayani oleh sales pilihan yang khusus menangani motor premium; sales motor premium ikut mengantarkan unit motor ke rumah konsumen; setelah pembelian mendapatkan prioritas ketika melakukan servis motor; dan berbagai privilege lain yang mungkin berbeda dari satu Honda Wing Dealer dengan Honda Wing Dealer lainnya. Yang jelas pembeli motor premium di Honda Wing Dealer bakal mendapatkan perlakuan yang lebih spesial dibandingkan dengan konsumen motor regular. Hingga artikel ini dibuat, jumlah Honda Wing Dealer di Indonesia mencapai 145 outlet yang tersebar dari Aceh sampai Papua.

3.Honda Big Wing Dealer

Honda Big Wing Dealer boleh dibilang merupakan kasta tertinggi dalam jaringan penjualan motor Honda. Biasanya Honda Big Wing Dealer hanya dimiliki oleh main dealer di sebuah wilayah. Saat ini jumlah Honda Big Wing Dealer hanya ada 10 outlet yang semuanya berada di kota-kota besar. Sama seperti Honda Wing Dealer, Honda Big Wing Dealer ini juga tergolong sebagai toko di dalam toko. Kalau Honda Wing Dealer hanya ada “dua toko bayangan” di dalam satu gedung toko, maka dalam Honda Big Wing Dealer terdapat “tiga toko bayangan” dalam satu gedung toko. Artinya, di dalam sebuah dealer yang memiliki label “Honda Big Wing Dealer” melayani penjualan motor regular, motor premium, dan big bike (moge) sekaligus.

Honda Big Wing DealerKarena memiliki tiga divisi dalam satu toko, maka Honda Big Wing Dealer memberikan tiga pelayanan yang berbeda kepada konsumennya. Pertama, konsumen motor regular mendapatkan standar pelayanan basic sesuai dengan standar Honda. Ada lokasinya sendiri. Kedua, konsumen motor premium mendapatkan standar pelayanan premium seperti yang sudah dijabarkan di atas. Lokasi pelayanan ada di Wing Corner. Ketiga, Honda Big Wing Dealer memiliki ruangan khusus yang berfungsi untuk memajang big bike dan melayani konsumen-konsumen pembeli big bike yang harganya mencapai ratusan juta rupiah. Sudah pasti pelayanan yang diberikan oleh konsumen big bike ini paling spesial dan berada jauh di atas konsumen regular maupun konsumen premium.

Kesimpulannya adalah Kalau pengen beli motor entry level Honda, itu bisa dilakukan diseluruh dealer. Bisa di Honda Regular Dealer, bisa di dealer dengan label Honda Wing Dealer, dan bisa juga di dealer yang memiliki label Honda Big Wing Dealer. Amat sangat fleksibel! Tapi kalau bro pengen beli motor-motor premium seperti PCX150, CBR250RR, dan CRF250RALLY, hanya bisa dilakukan di dealer yang memiliki label Honda Wing Dealer dan Honda Big Wing Dealer. Terakhir, kalau mau beli big bike dari Honda (CB500F, CB500X, CBR500R, CB650F, CBR650F, NM4 Vultus, CBR1000RR SP, & CRF1000L Africa Twin) cuma bisa dilayani di dealer dengan label Honda Big Wing Dealer. Semoga berguna!

Honda Mitrajaya - Dealer Resmi Sepeda Motor Honda di kota Bandung
Alamat Jln.PHH Mustofa No.27 Bandung
Melayani pembelian Cash Kredit sepeda motor Honda untuk wilayah kota Bandung dan sekitarnya
Informasi Pemesanan Hubungi Marketing kami :
Kang Indra : 0813-2006-8488 (WA) 

Sumber : Astra-Honda