Cara penggunaan Smart Key System Honda PCX 2018

Cara menggunakan Honda Smart Key System PCX lokal 2018 - Hallo pembaca yang budiman, kali ini saya akan membahas mengenai tutorial dan cara kerja dari fitur canggih terbaru Honda PCX lokal 2018 yang bernama Smart Key System. Honda PCX terbaru pertama kali diperkenalkan pada bulan Desember 2017 lalu, sepeda motor skutik High end ini memiliki segudang fitur fitur berteknologi canggih untuk memenuhi gaya hidup dan tren pengguna sepeda motor di Indonesia saat sekarang ini. Pada tulisan artikel ini kita akan mengulas mengenai cara penggunaan Smart Key System Honda PCX 2018.

Cara penggunaan Honda Smart Key System PCX

Sebelum menuju bahasan lebih lanjut, akan saya sampaikan apa pengertian dari Smart Key System Honda PCX. Smart Key System adalah teknologi terbaru pengganti kunci mekanis untuk membuka kunci stang maupun menghidupkan mesin. Dengan sistem ini pengendara hanya perlu memutar knob sesuai dengan fungsi dan kegunaannya, apakah itu untuk menyalakan / mematikan mesin, membuka kunci jok, tangki bensin, dan mengunci stang motor Honda PCX. Knob ini dikendalikan oleh sebuah remote yang bernama Smart Key, yang didalamnya terdapat 3 tombol untuk pengaturannya yaitu tombol On/Off, Answer Back System, dan yang terakhir adalah tombol Alarm Anti Maling yang terintegrasi dengan teknologi immobilizer untuk menghindari resiko pencurian.

Mari kita bahas cara penggunaan Honda Smart Key System Honda PCX ini ! 

Cara penggunaan Honda Smart Key System PCX

Pada Gambar diatas merupakan bentuk tampilan dari Remote key less honda PCX terbaru ini yang dinamakan Remote Smart Key, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Remote Smart key ini memiliki 3 buah tombol yang masing masing memiliki kegunaan dan fungsi sebagai berikut dimulai dari tombol yang paling atas hingga ke bawah

1. Answer Back System
Fungsinya adalah untuk membuat sepeda motor berbunyi mengeluarkan suara indikator (Bip..Bip..) ketika motor sedang diparkir dan posisi kita lupa akan letak lokasi kendaraan kita yang diparkir, kejadian ini sering terjadi ketika kita memparkirkan kendaran dalam sebuah Basement parkir seperti di Mall atau perkantoran yang memuat ratusan hingga ribuan kendaraan sehingga terkadang kita dibuat bingung dimana posisi kendaraan yang kita parkirkan. Akan tetapi Answer Back System ini bukanlah semacam Alarm loh yah ! karena fitur Alarm di Honda PCX terdapat pada tombol kedua yang berada di posisi tengah Smart Key.

2. Alarm Anti Theft
Tombol ini barulah memang benar benar tombol untuk mengaplikasikan Alarm anti maling canggih yang dibenamkan pada motor Honda PCX ini. Untuk Faktor keamanan dan menghindari resiko curanmor yang semakin marak di Indonesia, pengendara hanya perlu mengaktifkan fitur alarm dengan menekan tombolnya selama kurang lebih 2 detik, begitu pula untuk mematikan atau menonaktifkan Alarm Anti theft tersebut.

3. On/Off button

Tombol ini fungsinya adalah untuk mengkoneksikan antara remote Smart Key dengan Knob Key, untuk menyalakan fitur smart key ini kita perlu menekan tombol satu kali saja untuk mengaktifkan / menonaktifkan Knob system di Honda PCX ini.

Untuk penjelasan mengenai cara penggunaan dan memutar Knob Smart Key System Honda PCX, penjelasan nya ada di gambar di bawah ini ! 

Cara penggunaan Honda Smart Key System PCX

Terdapat 4 posisi yang akan kita tandai dengan angka 1 hingga 4, namun pada kondisi motor sebenarnya angka angka ini tidak tercantum, jadi diperlukan pemahaman yang baik untuk membiasakan diri dari pemakaian knob system ini, 4 posisi tersebut memiliki fungsi dan kegunaan sebagai berikut ini !

1. Ignition On
Untuk mengaktifkan panelmeter sebelum anda menekan tombol Switch Engine / stater, anda perlu memutar knob sampai ke ujung paling kiri. Setelah knob berada di posisi Ignition On, seketika Digital Panel Meter akan menyala dan mesin honda PCX anda siap untuk dinyalakan dengan menekan tombol stater seperti pada sepeda motor pada umumnya.

2. Seat / Fuel
Posisi knob ini berfungsi untuk membuka kunci jok bagasi sekaligus untuk membuka fuel tank yang berada di antara jok tempat duduk dan head body motor. Pilihan terdapat pada sakelar yang berada disamping knob yang bertuliskan Fuel dan Seat. Jika anda ingin mengisi bahan bakar, berarti setelah anda memutar knob ke posisi nomor 2 anda harus menekan tombol ke sebelah atas, jika ingin membuka jok berarti menekan tombol ke bawah.

3. Iginition Off
Fungsi nya adalah untuk mematikan mesin Honda PCX ketika posisi mesin sedang menyala, anda cukup memutar knob hingga knob tegak lurus, namun mematikan mesin disini tidak serta merta langsung mengunci stang motor Honda PCX anda, jika anda hendak mengunci stang motor, anda harus memutar knob sekali lagi ke sebelah kanan.

4. Handle Lock
Berfungsi untuk mengunci stang motor honda pcx anda, namun pada penerapan nya agak sedikit berbeda tidak seperti anda memutar knob dari posisi 1 hingga 3. Untuk mengunci stang motor dari posisi 3 ke 4 (Ignition Off – Handle Lock) anda harus memutar sambil menekan knob tersebut dari posisi ignition off ke handle lock. Begitu pula untuk sebaliknya.


Apabila dirundutkan cara penggunaan Honda Smart Key System ini dari kejadian pada umumnya, Untuk menghidupkan mesin motor Honda PCX terbaru ini dengan kondisi motor dalam kondisi mati dan terkunci stang (Posisi Knob berada di posisi handle Lock- 4) maka simulasi cara penggunaannya adalah sebagai berikut ( kasus ini diluar penggunaan Answer Back System & Alarm ) :
  • Tekan tombol On/Off pada remote smart key 
  • Tekan Knob dan Putar knob ke posisi 3 Ignition Off 
  • Lalu Putar knob saja tanpa perlu menekan ke posisi 1 Ignition On 
  • Panelmeter sudah menyala, biarkan sejenak kurang lebih 2 detik lalu kemudian tekan tombol Switch Engine / Stater 
Demikian penjelasan singkat bagaimana cara menggunakan teknologi terbaru Honda Smart Key System pada sepeda motor Honda PCX terbaru 2018, teknologi ini masih terbilang baru dan belum umum digunakan sehingga banyak penggunanya akan sedikit mengalami kebingungan/belum terbiasa dalam penggunaannya. Semoga penjelasan ini bisa bermanfaat bagi pembaca sekalian.