Harga sepeda motor 2011 akan naik sekitar akhir Februari

Harga sepeda motor 2011 akan naik sekitar akhir Februari


MerdekaMotor211.com - Penggunaan sepeda motor kian marak dikalangan masyarakat Indonesia, terbukti dengan semakin meningkatnya angka penjualan sepeda motor di Indonesia. Hal ini dikarenakan kebutuhan alat transportasi yang praktis dan ekonomis bagi masyarakat, selain itu saat sekarang ini karena kemudahannya dalam memiliki sepeda motor dengan fasilitas yabg ditawarkan oleh pihak perusahaan pembiayaan atau leasing yang menawarkan proses pembelian sepeda motor secara kredit angsuran yang lama cicilan nya bervariatif.

Kebutuhan meningkat maka produsen pabrikan pun semakin menambah volume produksi, pemerintah pun terus mengkaji ulang mengenai kebijakan kebijakan yang diberlakukan untuk produsen sepeda motor agar dapat sejalan dengan program pemerintah dan kas pendapatan negara untuk pertumbuhan ekonomi kedepannya.

Pemerintah memberikan kebijakan kebijakan kepada produsen dengan beberapa ketentuan yang mengharuskan pabrikan untuk dapat berkontribusi terhadap pendapatan negara melalui pajak yang diberlakukan untuk kendaraan bermotor. Dengan meningkatnya jumlah pajak setiap tahunnya, mengharuskan para produsen harus selalu memperbaharui nilai jumalh untuk BBN kendaraan motor setiap tahunnya yang akan berdampak langsung terhadap harga jual sepeda motor setiap tahunnya. Ini lah yang menyebabkan mengapa motor baru selalu naik harga setiap tahunnya bukan nya turun harga.

Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) secara rutin naik setiap tahun. Dan setiap tahun pula pajak ini menjadi momok yang akhirnya menaikan harga jual kendaraan. Untuk masalah kenaikan harga, banderol sebuah motor pun hampir dipastikan akan mengalami kenaikan. Kemungkinan akhir Februari 2011 seluruh harga on the road sepeda motor akan mengalami kenaikan. "Masih tunggu Samsat, biasanya (kenaikan BBN-KB) sekitar 10-15 persen. (Biasanya kenaikan BBN-KB diberlakukan pada) Akhir Februari atau awal Maret," jelas Senior General Manager Sales Division PT Astra Honda Motor (AHM), Sigit Kumala kepada detikOto, Selasa (4/1/2010). Karena itulah kemungkinan harga motor baru akan naik menyesuaikan dengan tarif BBN-KB baru pada bulan Februari atau Maret nanti. Untuk Januari ini, harga motor kemungkinan masih aman. Sementara harga belum naik karena indikasi resmi BBN belum ada. Kita masih tunggu info dari network dulu. Tapi untuk harga motor off the road belum ada perubahan Namun, meski begitu, kenaikan harga BBN-KB kemungkinan tidak akan terlalu signifikan menaikan harga jual. Sebab yang akan mengalami kenaikan hanya tarif BBN-KB. Sementara harga off the road kemungkinan tidak akan terlalu berpengaruh. Tidak akan terlalu berpengaruh. Kan cuma BBN-nya saja yang naik. Harga motornya tidak naik Contohnya, BBN sekarang misalnya Rp 1 juta, terus BBN naik 10 persen. Berarti kan naik sekitar Rp 100 ribu saja.

Custom Search